Oleh: Herowati, S.Pd.

Senin, 30 Maret 2015

Kontrak Kuliah Media Pembelajaran


KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : MKKW 405
Pengajar/Dosen : Herowati, S.Pd
Semester : IV/ Genap
Hari Pertemuan : Rabu, jam 07.3009.10
Tempat Pertemuan : Ruang 18

I. MANFAAT MATA KULIAH
Mengarahkan mahasiswa untuk dapat menjelaskan peran media dalam dunia pendidikan serta melatih dan mengembangkan media pembelajran IPA di SMP meliputi bahan cetak, bahan transparan, audio visual, dan program berbasis komputer.

II. DISKRIPSI PERKULIAHAN
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap pengembangkan media pembelajran sehingga mampu mengembangkan media pembelajaran IPA di lingkungan pendidikan khususnya di SMP yang meliputi bahan cetak, bahan transparan, audio visual, dan program berbasisi komputer.

III. TUJUAN INSTRUKSIONAL
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat:
  1. Menjelaskan peran media dalam pembelajaran.
  2. Mendeskripsikan media pembelajaran IPA di SMP meliputi bahan cetak, bahan transparan, audio visual, dan program berbasisi computer dalam pembelajaran.
  3. Menganalisis metode pengembangan media pembelajaran.
  4. Mengembangkan media pembelajaran untuk IPA di SMP.

IV. STRATEGI PERKULIAHAN
Strategi dalam mata kuliah media pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1. Pembahasan materi dengan menggunakan media LCD projektor, hand out materi perkuliahan ataupun buku pustaka.
2. Diskusi, melalui pembentukan kelompok-kelompok presentasi dan diskusi.
3. Pemberian tugas mandiri individual ataupun kelompok, mengenai permasalahan-permasalahan yang terkait dengan materi bahasan.

V. MATERI BACAAN PERKULIAHAN
1. Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. (edisi terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk). Jakarta :PU-UT dan Rajawali Press.
2. Arsyad, azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: grafindo persada.
3. Rudy Budiman. 2008. Media Pembelajaran. Materi Diklat Terakreditasi Guru SD Semester 2. Bandung: PPPPTK TK dan PLB
4. Sadiman, A. 1996. Media pendidikan (pengertia, pengembangan, dan pemanfaataan). Jakarta: grafindo persada.
5. Sungkono dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
6. Harina Juheti dan Abdul Nashir Hartono. (1988/1989). Petunjuk Pembuatan dan Penggunaan Program Kaset Audio. Jakarta: Direktorat Sarana Pendidikan Depdikbud.
7. I Wayan Inten dan Mumung Bastaman (1988). Petunjuk Pembuatan dan Penggunaan Program Video. Jakarta: Direktorat Sarana Pendidikan Depdikbud.

VI. TUGAS DALAM PERKULIAHAN
  1. Setiap materi perkuliahan sebagaimana disebutkan dalam jadwal perkuliahan harus sudah dibaca sebelum mengikuti tatap muka perkuliahan.
  2. Mahasiswa diwajibkan menyerahkan makalah, paper atau resume baik secara perorangan atau kelompok sesuai dengan rencana yang ditetapkan.
  3. Presentasi pengembangan media pembelajaran IPA di SMP untuk masing-masing kelompok sesuai materi yang ditetapkan.

VII. KRITERIA PENILAIAN
Nilai akhir akan dikonversikan ke nilai huruf dengan ketentuan sebagai berikut:
NILAI ANGKA
NILAI HURUF
BOBOT
81-100
A
4
76-80
B+
3,5
70-75
B
3
61-69
C+
2,5
56-60
C
2
45-55
D
1
0-44
E
0

VIII. JADWAL PERKULIAHAN

Pertemuan
Materi
Pengajar
1
Pendahuluan
  • Ruang lingkup mata kuliah media pembelajaran
Herowati, S.Pd
2
Peran media dalam pembelajaran.
Herowati, S.Pd
3
Media cetak
Herowati, S.Pd
4
Media audio
Herowati, S.Pd
5
Media visual
Herowati, S.Pd
6
Media berbasis komputer
Herowati, S.Pd
7
Media nyata
Herowati, S.Pd
8
UTS

9
Metode pengembangan media pembelajaran
Herowati, S.Pd
10
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-1
Herowati, S.Pd
11
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-2
Herowati, S.Pd
12
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-3
Herowati, S.Pd
13
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-4
Herowati, S.Pd
14
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-5
Herowati, S.Pd
15
Presentasi hasil pengembangan media pembelajaran IPA ke-6
Herowati, S.Pd
16
UAS


VIII. PERSENTASE PENILAIAN
Presensi kehadiran                   : 10%
Keaktifan selama perkuliaha: 10%
Tugas kelompok                      : 20%
Presentasi tugas kelompok       : 10%
UTS                                         : 25%
UAS                                        : 25%

Kontrak perkuliahan ini dibuat bersama dosen dan mahasiswa untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sumenep, 4 Maret 2015

Ketua kelas/ kelompok                                                                         Dosen media pembelajaran



Muhsi Ramadlan                                                                                          Herowati, S.Pd




Tidak ada komentar:

Posting Komentar